Senin, 16 September 2019

Solid Gold | Nilai Tukar Rupiah 16 September

Nilai Tukar Rupiah 16 September - Solid Gold 

SOLID GOLD PALEMBANG - Rupiah lanjutkan penguatan pada penutupan perdagangan Jumat, dengan menguat 0,193% atau 28 poin menjadi Rp13.967 per dolar AS.

Adapun, sepanjang pekan rupiah berhasil menguat 0,95% menjadi yang terkuat ketiga di antara mata uang asia lainnya, di bawah won dan dolar Taiwan.

Sementara itu, sepanjang tahun berjalan rupiah berhasil menguat 3,02% sehingga menjadi kinerja mata uang terbaik kedua di antara mata uang asia lainnya, kalah dengan baht yang menguat 6,2%.penguatan rupiah didukung oleh minat pelaku pasar global yang meningkat terhadap
aset-aset berisiko, termasuk rupiah.

Harga minyak dunia yang kembali terkoreksi juga menjadi katalis positif bagi rupiah karena lemahnya harga minyak berpotensi untuk membantu neraca perdagangan akibat Indonesia merupakan negara net importir minyak.

Andian mengatakan, sesungguhnya pemangkasan suku bunga acuan oleh ECB melemahkan euro dan memberikan kekuatan pada dolar AS, tetapi agenda dibalik pemangkasan tersebut merupakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi zona Eropa sehingga mendorong euro untuk menguat dan melemahkan dolar AS.

Tercatat, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang mayor bergerak  melemah 0,28% menjadi 98,034  - SOLID GOLD 

Baca Juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar