Jumat, 01 Februari 2019

Flu Berat Sampai Harus Masuk RS, Mungkinkah? - Solid Berjangka

Flu Berat Sampai Harus Masuk RS, Mungkinkah? - Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA PALEMBANGMusim hujan kerap kali membuat daya tahan tubuh melemah, belum lagi kalau kehujanan bisa-bisa kita terserang flu. Tapi, beberapa orang kadang menganggap remeh flu.

Flu ringan bisa saja menjadi flu berat jika disertai infeksi sekunder. Bisakah terserang flu sampai harus dirawat di rumah sakit?

"Tergantung dari daya tahan tubuh. Kalau sampai sesak napas, kurang oksigen, ya bisa dirawat," kata dr Fathiyah Isbaniah, SpP(K) FIRS, dokter paru dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI-RSUP Persahabatan 

Seseorang yang terkena flu dan harus dirawat biasanya mengalami flu berat dengan adanya infeksi lanjutan. Misalnya infeksi paru, adanya peradangan terus-menerus bisa terjadi masalah di sistem pernapasan atas atau bahkan bisa terkena pneumonia.

Namun, jika gejala flu yang dirasakan hanya demam dan pusing, bisa memulihkan diri dengan beristirahat di rumah.

"Istirahat di rumah, minum air hangat, makan buah dan sayur," saran dr Fathiyah.Sementara itu, dokter paru lain, dr Frans Abednego Barus, SpP megatakan untuk tetap mewaspadai gejala demam pada flu. Demam pada flu umumnya terjadi hingga tiga hari, jika lebih dari itu harus benar-benar waspada akan terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD) atau thypoid (tipes).

"Pokoknya hari ketiga demam nggak hilang, hari keempat atau kelima langsung tes darah," tegasnya - SOLID BERJANGKA

Baca juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar