Selasa, 17 September 2019

Solid Gold Berjangka | Harga Emas dan Perak Naik 1% Lebih

Harga Emas dan Perak Naik 1% Lebih - Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG -Harga emas dan perak melonjak lebih dari 1% pada hari Senin karena investor melarikan diri ke aset safe-haven setelah serangan terhadap fasilitas minyak Saudi meningkatkan kekhawatiran atas pasokan energi global dan ketegangan yang ratchet di Timur Tengah.

Spot gold melonjak 1,27% menjadi US$1,507.40 per ons sementara emas berjangka AS naik 0,83% menjadi US$1,512.1. Dana yang diperdagangkan di bursa SPDR Gold Trust yang diperdagangkan turun 0,82% pada US$140,15, dengan 874,51 ton emas dalam kepercayaan pada hari Jumat.

Seperti emas, perak dipandang sebagai investasi safe-haven tetapi logam juga digunakan dalam produksi barang-barang elektronik konsumen serta di sektor industri, seperti panel surya. Spot silver naik 2,96% menjadi US$17,94 per ons seperti mengutip cnbc.com.

Langkah itu diambil setelah Arab Saudi pada Sabtu menutup setengah produksi minyaknya setelah serangkaian pemogokan menghantam fasilitas pemrosesan minyak terbesar di dunia. Serangan itu diklaim oleh pemberontak Houthi Yaman dan pemerintahan Trump menyalahkan Iran.

Penutupan itu akan mempengaruhi hampir 5,7 juta barel produksi minyak mentah per hari, menurut Saudi Aramco. Itu sekitar 5% dari produksi minyak harian dunia.

Pada bulan Agustus, Arab Saudi menghasilkan 9,85 juta barel per hari, menurut data dari Administrasi Informasi Energi A.S.

Menteri energi Kerajaan mengatakan serangan itu juga menyebabkan penghentian produksi gas, yang diatur untuk mengurangi pasokan cairan etana dan gas alam sebesar 50%.

Harga minyak mentah AS dan Brent melonjak lebih dari 9% setiap Senin pagi selama jam-jam Asia.

Serangan itu meningkatkan ketegangan di Timur Tengah setelah Amerika Serikat menyalahkan Teheran atas serangan itu, dan menyebutnya sebagai "serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan energi dunia." Sementara itu, Presiden AS Donald Trump mengatakan AS "dikunci dan dimuat," tetapi pemerintahannya menunggu di Riyadh untuk menentukan siapa yang melancarkan serangan sebelum melanjutkan tindakan. Iran telah menampik tuduhan itu sebagai "tidak berarti."

Di tempat lain, Komite Pasar Terbuka Federal AS akan bertemu pada hari Selasa dan Rabu dan pasar mengharapkan bank sentral untuk memangkas suku bunga seperempat poin.

Prospek pertumbuhan global tetap lemah di tengah perang perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China, yang berpotensi dapat mempertahankan permintaan untuk aset safe-haven. Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini bahwa "sangat sulit" bagi ekonomi terbesar kedua di dunia untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan pada 6% atau lebih..- SOLID GOLD BERJANGKA

Baca Juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar