Selasa, 12 November 2019

Solid Gold Berjangka | Bappebti Dorong Penguatan Sistem Resi Gudang di Desa

Bappebti Dorong Penguatan Sistem Resi Gudang di Desa - Solid Gold Berjangka

SOLID GOLD BERJANGKA PALEMBANG - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian

Perdagangan Tjahya Widayanti menyatakan, pihaknya terus berupaya mendorong penguatan dan implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) di perdesaan.

Bumdes atau koperasi sebagai lembaga penggerak ekonomi di wilayah pedesaan diharapkan mampu membantu para petani menjaga kestabilan harga produk pertanian.

Pada saat panen raya, Bumdes atau koperasi diharapkan dapat menampung hasil panen petani di SRG,” ujar Tjahya dalam siaran pers, Senin .Gudang SRG adalah salah satu instrumen penting penggerak sistem perekonomian di wilayah pedesaan, khususnya yang telah mempunyai badan usaha milik desa (bumdes) atau koperasi potensial.  Usaha Bappebti untuk menguatkan peran SRG dilakukan dengan Pertemuan Teknis Sinergi dan Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga

Terkait dengan Penguatan dan Implementasi SRG di Solo, Rabu.Tjahya melanjutkan, bumdes yang memenuhi persyaratan sebagai lembaga SRG dapat menjadi pengelola gudang SRG. Sedangkan, yang tidak, bisa berperan sebagai penyimpan barang yang mengumpulkan komoditas dari petani anggotanya untuk disimpan di gudang SRG.

Bappebti Kemendag bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian PDTT akan mengidentifikasi koperasi dan Bumdes potensial untuk didorong menjadi pengelola gudang SRG.

Tjahya mengatakan, Kemendes PDTT menyampaikan sudah ada dua pemerintah kabupaten di Indonesia yang telah memiliki bumdes yang baik dan telah berbentuk badan usaha berbadan hukum perseroan terbatas (PT), yaitu Dompu dan Lebak. Pada kedua lokasi tersebut, SRG berpotensi dikelola oleh Bumdes.

Sementara itu, Kemenkop UKM akan mengidentifikasi koperasi yang potensial untuk menjadi pengelola gudang SRG di delapan lokasi lainnya.Tjahya menuturkan, keberadaan gudang SRG sangat diperlukan untuk pengembangan bisnis Bumdes. Berdasarkan data Kemendes PDTT, saat ini terdapat lebih dari 1.300 bumdes binaan yang sudah memiliki skala ekonomi dan pasar yang sangat memerlukan gudang SRG.

Untuk itu, Bappebti mengupayakan agar Bumdes dapat mengakses gudang SRG dan insentif sesuai syarat-syarat yang telah ditetapkan. - SOLID GOLD BERJANGKA

Baca Juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar